Cerita hari ini: 16-04-2008

Hari ini saya kedapatan tugas untuk “menemani” mobil Bapak saya ke bengkel. Berangkat pukul 10.00 dan sampai di tujuan setelah kira-kira 45 menit perjalanan. Bengkel tersebut berada di jalan Soekarno-Hatta. Dengan modal bensin tipis karena dompet yang tipis, saya pun meluncur dengan pasti.

Sesampainya di tujuan, saya di telepon oleh kakak saya di rumah. Beliau mengalami kesulitan saat akan masuk ke dalam user-nya di desktop ubuntu rumah saya. Karena beliau sangat butuh bersosialisasi dengan PC desktop tersebut, terpaksa saya memberikan password saya (yang sangat rahasia) kepadanya. Semoga dia tidak ingat pada waktu yang lain, karena memang cukup panjang password-nya.

Anyway, akhirnya saya pun sampai di rumah. Dan setelah saya lihat, ternyata yang membuat beliau tidak dapat masuk ke dalam user-nya sendiri adalah karena hak akses direktori home user beliau dimiliki oleh user yang saya miliki. Oleh karena itu, saya kembalikanlah pemilik direktori tersebut kepada user beliau.

Saya pikir-pikir, apa yang telah saya lakuken sehingga pemilik direktori tersebut berubah. Setahu saya, semalam saat saya oprek desktop, saya sedang tidak menggunakan user saya tersebut. Karena semalam itu saya sedang mengoprek zenwalk, dimana usernya berbeda dengan yang ada di ubuntu. Apa karena semalam saya utak-atik isi home dari user root di zenwalk dan terjadilah penimpaan tersebut? Yah sudahlah. Masalah desktop ini sudah selesai, jadikan pelajaran bahwa

“jika anda sedang memposisiken diri sebagai root pada OS anda, gunakanlah terminal!! Insya Allah lebih aman.”

Terima kasih atas perhatiannya. Sampai jumpa di cerita saya berikutnya.

One response to “Cerita hari ini: 16-04-2008

Leave a Reply

