Mengaktifkan Windows Network Browsing di Thunar

Berhubung Thunar tidak memiliki kemampuan untuk browsing ke Windows Network secara native, berikut langkah-langkah untuk mengaktifkannya:

  1. Dari start menu XFCE, masuk ke System -> Shared Folders. (Hal ini akan membangkitkan window untuk menginstalasi samba jika belum pernah membukanya, dan untuk mendefinisikan workgroup yang sesuai).
  2. Install fusesmb dari synaptic atau dari terminal:
    $ sudo apt-get install fusesmb
  3. Edit file /etc/modules dan tambahkan kata “fuse” ke dalam list modul yang akan di load, kemudian di save.
  4. Reboot sistem anda sehingga modul fuse di load, dan workgroup yang telah didefinisikan tadi dibaca oleh samba.
  5. Dari start menu XFCE, System -> Users and Groups. Properties dari username, masuk ke tab User Privileges, tandai “Allow use of fuse file systems…”
  6. Buat sebuah folder yang akan dijadikan mountpoint dari windows network, misalnya /media/network. Ganti hak akses folder tsb agar dapat diakses oleh semua:
    $ sudo chmod 777 /media/network

    • Dari terminal, ketik perintah: sudo chown <username>:fuse /media/network (dimana username disesuaikan dengan username anda)
    • Cek kembali apakah user anda sudah memiliki hak akses fuse dari System -> Users and Groups. Klik tombol Manage Groups, cari fuse dan pilih properties.
    • Reboot sistem dan cek kembali 2 hal diatas.
  7. Dari start menu XFCE, Settings -> Settings Manager, dan pilih Autostarted Apps. Tambahkan aplikasi, nama dan descripstion diisi sesuai keinginan anda. Dan untuk field command diisi: fusesmb /media/network (sesuai dengan mountpoint yang anda buat)
  8. Logout dan login kembali agar user privilege dan fusesmb autostart dapat menimbulkan efek.

Setelah langkah-langkah tersebut, buka thunar, browse ke folder mountpoint yang telah anda buat, dan beri shortcut pada side-pane nya untuk lebih memudahkan dalam menjelajahinya ;-).

Tips ini adalah hasil translate dari postingan di ubuntuforums.org.


Leave a comment